1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

PKM Polbeng Lolos PIMNAS ke-29 di IPB

image description

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa diintegrasikan kedalam satu wahana yaitu PKM (Program Kreatifitas mahasiswa).

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I).

Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi¬kan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

Pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi 7 (tujuh) dengan terbitnya bidang PKM-KARSACIPTA. Program Kreativitas Mahasiswa dialokasikan di DITLITABMAS Ditjen Dikti bagi seluruh perguruan tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan.

Mulai tahun 2015 yang lalu Polbeng mewajibkan mahasiswa DIII yang duduk disemester akhir (6) untuk mengunggah proposal PKM di SIMLITABMAS  sebagai salah satu syarat untuk mengikuti sidang TA. Pelaksananan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya biasa dilaksanakan dari Bulan 0ktober hingga Februari.

Ditahun 2016 ini,  jumlah mahasiswa yang mengunggah proposal PKM ke SIMLITABMAS berjumlah 212. Dari 212 judul ada 7 skim PKM yang lolos untuk dibiayai oleh Kemenristekdikti, dari tujuh judul  PKM yang dibiayai tersebut berdasarkan hasil seleksi Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan akan ditetapkan judul PKM yang ikut sebagai peserta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  (PIMNAS) ke 29 tahun 2016 di Institut Pertanian Bogor pada tanggal 8 hingga 11 Agustus 2016 mendatang.

 

Setelah melewati seleksi yang ketat akhirnya PKM dengan judul "ADosis TtS Aplikasi Dongeng Berbasis Text-to-Speech" hasil karya Tim yang diketuai oleh Uswatun Hasanah dengan dosen pendamping Jaroji, S.Kom MKom dari Jurusan Teknik Informatika berhasil lolos untuk mengikuti PIMNAS ke 29 mendatang bersama 440 peserta lainnya dari berbagai Kampus di seluruh Indonesia. Satu hal yang menjadi kebanggaan tersendiri buat Polbeng dengan lolosanya PKM dalam PIMNAS 2016 ini adalah, Tim Polbeng menjadi satu-satunya Tim PKM dari Politeknik yang berasal dari Pulau Sumatera hal ini menjadi pemacu semangat kreatifitas mahasiswa Polbeng untuk menghasilkan karya-karya terbaik yang dapat mengangkat almemater kampus baik dikancah Nasional maupun Internasional. (WM_Polbeng)

 
share: