1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Seminar Praktisi, Prodi Rekayasa Perangkat Lunak Hadirkan Praktisi Muda Pemilik Dua StartUp sebagai Narasumber

image description

Dengan mengusung tema “Be Creative Millenials in Digital Era with Ux Design and Software Developement”, Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Jurusan Teknik Informatika menggelar kegiaatn Seminar Praktisi pada Sabtu (21/9) lalu. Bertempat di Aula Gedung Utama, acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi serta beberapa siswa SMK undangan.

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Polbeng, Kasmawi, ini turut dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Teknik Informatika. Kegiaatn seminar ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa akan pentingnya peranan UX Design dalam pembuatan aplikasi/perangkat lunak serta memberikan pengetahuan proses pembuatan aplikasi dengan metode AGILE. Adapun narasumber yang menjadi pemateri seminar adalah seorang praktisi dibidang software developement, Arrival Dwi Santosa. Praktisi berusia 22 tahun ini merupakan pemilik dua startup besar, yakni Pasar Udang yang bergerak di bidang perikanan, dan Dispora Connect yang bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi seminar dan workshop. Sesi seminar yang dimulai pada pukul 09.00 diisi dengan narasumber yang berbagi pengalamannya saat mengikuti kompetisi ALE Rainbow Hackhton di Perancis. Dalam kompetisi tersebut, Arrival Dwi Santosa bersama timnya berhasil mengalahkan programmer-programmer dari Eropa dan keluar sebagai pemenang. Arrival bercerita, kunci kemenangan mereka adalah dengan menghasilkan aplikasi jadi 100%, sementara programmer lain hanya mengajukan ide dan konsep. Narasumber juga menyampaiakn bahwa programmer Indonesia sebenarnya mampu bersaing di tingkat internasional, hanya saja harus mampu mempresentasikan konsep dan ide yang diinginkan semenarik mungkin kepada user dan investor. Narasumber juga berbagi tips untuk membangun sebuah startup kepada peserta seminar, salah satunya dengan aktif hadir dalam seminar atau forum diskusi.

Sesi workshop dilanjutkan pada siang hari di ruang laboratorium komputasi Teknik Informatika. Selama pelaksanaan workshop, peserta diajari untuk mendesain aplikasi menggunakan Adobe XD dan pembuatan aplikasi menggunakan Android Studio. Workshop berlangsung selama lebih kurang tiga jam dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. (IRM)

 
share: