1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Polbeng Berlangsung Khidmat

image description

1 Oktober 1965 merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada tanggal tersebut, bangsa Indonesia mampu melawan ideologi komunis dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi nasional. Tanggal 1 Oktober 1965 juga disebut sebagai Hari Berkabung Nasional atas wafatnya para jenderal dan kapten korban kekejaman para komunis G30SPKI.

Setiap tahunnya, 1 Oktober diperingatui sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Untuk memperingati hari tersebut, segenap sivitas akademika Polbeng yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa melaksanakan upacara pada Selasa (1/10). Bertempat di halaman Gedung Utama, upacara dimulai pada pukul 07.20 WIB dan dipimpin langsung oleh Wakil Direktur II Polbeng, Johny Custer.

Upacara berlangsung khidmat. Ketua Senat Polbeng, Razali juga bertindak sebagai pembaca ikrar Pancasila yang berisi tekad bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan demi mempertahankan keutuhan bagsa Indonesia. Upacara ini berakhir pada pukul 07.40 WIB dan ditutup dengan pembacaan doa. (IRM)

 
share: