1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Jurusan Teknik Elektro Polbeng Lakukan Pengabdian Masyarakat Bimbingan Teknis Mesin Vacum Fraying Upgrade Manual Ke Otomatis di BUMDesa Kuala Alam

image description

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melalui Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (P3M) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat.  Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di BUMDesa Kuala Alam dengan menugaskan 3 orang dosen dari Jurusan Teknik Elektro yakni Zainal Abidin MT (ketua), Wan M Faisal MT (anggota) dan Abdul Hadi MT (anggota).

Pengabdian Masyarakat di BUMDesa Kuala Alam ini terlaksana berdasarkan pengajuan surat permohonan  No. 021/k/BUMDesa KL/8/21perihal Bimbingan Teknis Mesin Vacum Fraying Upgrade Manual Ke Otomatis untuk penggolahan nenas menjadi keripik nenas.

Kegiatan yang  dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Agustus 202 ini bertujuan untuk mendengar secara langsung keinginan dari BUMDesa Kuala Alam dan juga untuk melihat Vacum Fraying yang berfungsi sebagai alat pengorengan nenas hingga menjadi keripik nenas.

“Pada kunjungan awal kami menjumpai permasalahan yaitu masih dipakainya sistem manual dimana setiap dua jam” ungkap Zainal Abidin selaku ketua tim.

“Gas sebagai sumber api  dicek dan pengadukan wadah nenas di goyang goyangkan agar tidak terjadi lengketnya keripik nenas serta suhu yang dipakai tidak konstan. Kondisi ini mengakibatkan kualitas keripik nenas kurang maksimal” tambah Zainal Abidin.

Kita akan pasang alat katup disaluran pipa yang akan bekerja menutup suplai gas setelah waktu pengorengan tercapai dengan suhu yang diinginkan dan motor bergerak sesuai dengan set timer untuk mengoyang wadah penggorengan, tutur Abdul Hadi anggota tim.

Pembuatan alat akan direalisasi di tahun 2022 dengan mengajukan anggaran mandiri dan diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Kuala Alam.

 
share: