1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Polbeng Jadi Fasilitator Program Jelita Balek Kampoeng Provinsi Riau

image description

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng)  menjadi fasilitator kegiatan Pekan Jelita Edisi Balek kampong yang dilaksanakan pada hari rabu  (7/9) di BI Corner Perpustakaan Polbeng. Program JELITA (Jendela Literasi dan Inspirasi Kita) merupakan program inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau dalam rangka mewujudkan literasi dan informasi edukasi secara terpadu.

Acara yang dilaksanakan melalui virtual zoom ini melibatkan mitra Jelita Riau dan Mitra Jelita Kabupaten Bengkalis yang didaulat sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. Turut hadir  Wakil Direktur Bidang kemahasiswaan dan kerjasama Polbeng Akmal Indra, MT,  Tim Jelita Provinsi Riau yang dimotori oleh Hera Yulwita selaku Pustakawan Provinsi riau, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab Bengkalis yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Perbudayaan Gemar Membaca Hj Yana Susilayani M.Sy, Wakil Ketua III Wira Sugiarto, M.Pd.I serta perwakilan dari sekolah di Kab Bengkalis.

Hera Yulwita menjelaskan bahwa Jelita Balek Kampong ini telah mengunjungi beberapa desa diantaranya desa berancah, jangkang, pasiran, desa bukit batu serta beberapa sekolah diantaranya SDN 1 Bengkalis, SDN 4 Bengkalis, SMPN 4 Bengkalis, SMK 3 mandau dan SMA 1 Bukit batu serta beberapa kampus dibengkalis yakni Politeknik Negeri Bengkalis dan STAIN Bengkalis.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan leterasi dan memperkenalkan bahwa perpustakaan telah bertransformasi ke industri sosial perpustakaan membuat semua pemustakanya betul-betul paham apa yang bisa digali dari perpustakaan” ungkap Hera.

“Perpustakaan saat ini harus menjadi sumber informasi center of learning, pusat ilmu pengetahuan agar kualitas sumber daya kita bener-benar perkualitas demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa”tambahnya.

Wakil Direktur III polbeng dalam sambutannya mengatakan program Jelita ini sangat selaras dengan program-program yang ada di Polbeng dan berharap setiap pemangku kepentingan saling bersinergi dalam mewujudkan peningkatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas.

“Mari bersama-sama turut serta dalam memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan  karena dipulau Bengkalis terutama didaerah pesisir ini karena masih banyak yang belum mengerti akan pentingnya pendidikan dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memajukan pendidikan di provinsi riau ini” ucap Akmal Indra, MT.

Yana Susilayani dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis mengucapkan ribuan terimkasih atas terselenggaranya program Jelita balek kampong ini.

“Kami memberikan apresiasi untuk tim Jelita Riau yang telah bersedia untuk balek kampung demi memajukan kampung halaman dan berharap program jelita ini dapat segera launching di Kabupaten Bengkalis” ungkap Yana. (HumasPolbeng)

 

 
share: