1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa, Polbeng Mengadakan Entrepreneur Bootcamp

image description

Berdasarkan data Survei Kewirausahaan Nasional oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menyebutkan mahasiswa memiliki persepsi bahwa kampus vokasi tempat mereka menimba ilmu belum banyak menyediakan aktivitas kewirausahaan. Saat ini, rasio kewirausahaan Indonesia sekitar 3,47 persen, lebih kecil dibandingkan dengan tetangga, seperti Malaysia 4,74 persen dan tertinggal jauh dengan Singapura yang telah mencapai 8,76 persen. Idealnya suatu negara disebutkan maju apabila rasio wirausahawan berkisar 10-14 persen dari total penduduk.

Melihat kondisi tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek mendorong penduduk Indonesia lebih banyak berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui para lulusan vokasi. Salah satunya dengan membentuk program penguatan ekosistem kewirausahaan. Tujuan program ini untuk membangun ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) demi menghasilkan lulusan pendidikan tinggi vokasi yang kreatif, inovatif, mandiri, dan adaptif terhadap perubahan lingkungan eksternal, dan dinamis.

Salah satu dari rangkaian program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan PTPPV di Politeknik Negeri Bengkalis, yaitu Pelaksanaan “POLBENG ENTREPENEUR BOOTCAMP”, yang di awali dengan kegiatan Pra Bootcamp pada tanggal 5,6,7 November 2021 serta dilanjutkan dengan kegiatan BOOTCAMP tanggal 13,14, dan 17 November 2021. Kegiatan “POLBENG ENTREPENEUR BOOTCAMP” merupakan program pembinaan dan pelatihan kewirausahaan yang di tujukan khusus untuk Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. Pembinaan yang dilakukan melalui seminar, workshop, dan mentoring kepada peserta pelatihan.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, akan meningkatkan jiwa Kewirausahaan Mahasiswa/I Politeknik Negeri Bengkalis, sehingga menjadi lebih kuat dan mampu bersaing serta mampu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. Informasi yang saya dapatkan, mahasiswa yang mendaftar Pra Bootcamp ini berjumlah 339 Orang, semoga semangat kewirausahaan terus dinyalakan untuk menggapai keberhasilan dan cita-citanya” ujar Bapak Akmal Indra sebagai wakil direktur III Polbeng dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan Pra Bootcamp dan Bootcamp, Polbeng mengundang pemateri dari para praktisi diantaranya Arseto Pinontoan (Direktur Base Incubator) sebagai pemateri “Minimum Viable Product (MVP)”, Shiella Priscilla (Founder Metup Coworking) sebagai pemateri “Business Model Canvas (BMC)”, Iwan Suhardjo (Managing Director Kistech Pte. Ltd.) sebagai pemateri “Trik Meraih Pendanaan Investor”, Riki Rijadi (Creatigic Advisor) dan Frank Silitonga (Co Founder Diginian) sebagai pemateri “Business Plan” serta Gio Novfran (Head of Indonesia Spiral Ventures Pte. Ltd.) sebagai pemateri “Pitch Deck”.

Hasil akhir dari rangkaian kegiatan ini diperoleh 20 tim usaha mahasiswa dimana anggota setiap tim diwajibkan berkolaborasi dengan beberapa Program Studi yang berbeda untuk mendapatkan pendanaan internal Polbeng sebesar maksimal 20 juta rupiah setiap timnya.


 
share: